Advertise Here

Spalza, Ayo Tanam Pohon!

- Another Blogger Blog's

langit sudah mulai mendung, pertanda kalau hujan akan turun. Tapi itu tidak akan menyulitkan langkahku untuk pergi ke rumah oma. Sudah lama aku tidak ke sana, aku rindu cerita-cerita oma tentang masa lalu. Kadang aku ikut merasakannya dan aku tertarik.

Tapi kini semua telah berubah sejak kematian omaku atas penyakit komplikasi parunya kemarin. Tak ada lagi cerita menarik tentang masa lalu lagi. Akupun ke rumah oma hanya untuk mengambil barang sepupuku yang tertinggal, karena kini sepupuku yang dulu tinggal bersama oma tinggal di rumahku.

Rumah kecil itu masih berdiri kokoh, dengan cat yang sudah mulai mudar, dan pagar yang sudah berkarat. Aku masuk ke dalamnya. Sepi. Aku jadi ingat masa lalu, saat aku ke sini aku selalu berlari ke dalam rumah, melihat oma duduk di kursi tuanya sambil menikmati secangkir teh. Mungkin sekarang, masa lalu lebih baik dari sekarang.

Aku masuk ke kamar oma. Sepi. Banyak debu di sana. Aku tertarik dengan sebuah album tua di atas meja oma. Kusam sekali album ini. Aku membuka lembaran demi lembar. Ada banyak foto jaman dulu, aku tertarik dengan foto sawah di belakang rumah. Indah sekali. Aku penasaran apa sawah ini masih ada ?

Secepat kilat aku melihat ke belakang rumah oma. Tak ada sawah di sana. Sekarang sudah terganti dengan kawasan penduduk. Yah sayang sekali, sawah seindah itu harus terganti dengan pemukiman penduduk. Dan aku pikir, masa lalu kadang memang lebih baik.

Oleh : Asyifa Zahra

0 komen:

Posting Komentar